Kamis, 10 Februari 2011

Pantai Balekambang

Posted by Vitz On 08.05 No comments

Lokasi wisata kali ini adalah ke Laut Selatan tepatnya ke lokasi Pantai Balekambang yang ada di Kecamatan Bantur, 65 km arah ke selatang dari kota Malang.

Untuk menuju ke Pantai Balekambang dapat melalui rute Gondanglegi dan Bantur, walau sebenarnya kalo diliat dari Peta,
perjalanan ini dapat pula dicapai melalui Kepanjen terus ke Pagak belok ke kiri ke arah Bantur, tapi kalau melewati rute tersebut mungkin akan lebih jauh
dan ribet makanya lebih baik ambil track melalui GondangLegi dan Bantur, walau jalan yang dilalui ke lokasi
beraneka ragam bentuknya, mulai dari turunan hingga tanjakan curam yang hanya bisa pake gigi satu dimobil  wah tapi asyik banget kok, apalagi begitu kita melihat loket pintu masuk ke pantai  rasanya lega udah sampai ke lokasi. Oya sedikit informasi jalan rute setelah kecamatan GondangLegi cukup hanya bisa dilalui 2 mobil,  serta kanan kiri jalan berupa turunan tebing cukup curam dengan dihiasi hutan jati. Pantai Balekambang memang cukup menawan, tapi sayangnya hal ini tidak didukung pula dengan fasilitas yang memadai. Walaupun begitu, pantai ini cukup bersih dengan pasir putih yang menawan, tempat parkir yang luas.

Terdapat pula failitas camping ground, kios cinderamata, rumah makan, kantor informasi, bungalow sangat sedeharna,mushola, dan pendopo. Sayangnya semua ini tidak dirawat dengan baik. Sayang ya, padahal untuk akses masuk perOrang Rp. 5,200,- tapi tetap aja tidak terawat.
Pantai BaleKambang dipenuhi dengan karang laut, yang membentang sepanjang kurang lebih 2000 meter dengan lebar 200 meter ke arah laut. Menurut penduduk setempat, jika air laut surut biasanya diantara karang-karang atau bebatuan tersebut banyak ditemui ikan hias bergerombol dan hewan laut lainnya. Dipantai ini terdapat tiga buah pulau berjajar ke arah barat, yakni Pulau Ismoyo, pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Di Pulau Ismoyo berdiri megah sebuah Pura, akses ke Pura dihubungkan oleh sebuah jembatan setapak dengan lebar 1,5 meter. Sepintas, mirip pantai dengan Pantai Kuta - Bali.

Pada bulan Suro, Pantai Balekambang cukup ramai di datangi wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Sebab di lokasi di adakan acara yang khusus di Pantai Balekambang ini yaitu Upacara Surohan (Suro'an) dan Upacara Jalanidhi Puja.

Selamat berwisata tapi sebelumnya cek kondisi kendaraan anda supaya nyaman dan aman diperjalanan.